PDAM Tirtauli Cek Kualitas Air Pelanggan

 14 Nopember 2019 WIB   Hubungan Langganan   2237

petugas laboratorium PDAM Tirtauli mengambil sampel air langsung dari kran air rumah-rumah pelanggan

petugas laboratorium PDAM Tirtauli mengambil sampel air langsung dari kran air rumah-rumah pelanggan

PDAM Tirtauli Cek Kualitas Air Pelanggan

Petugas bagian produksi PDAM Tirtauli telah melakukan pemeriksaan kualitas air langsung ke rumah-rumah pelanggan setelah mendapat informasi adanya warga yang terserang gatal-gatal sesudah terkena air, rabu (13/11) pagi.Lokasi-lokasi yang didatangi petugas yakni Jalan Raya, Jalan Mesjid, Jalan Sipirok, dan Jalan Bangau, yang berada di Kecamatan Siantar Barat.

 

Dari lokasi ini petugas laboratorium PDAM Tirtauli mengambil sampel air langsung dari kran air rumah-rumah pelanggan, lalu dilakukan pemeriksaan.Dari hasil pemeriksaan tersebut, diketahui sisa klor di rumah-rumah sampling berada pada rentang antara 0,1 hingga 0,3 ml/L.

 

Kualitas air yang didapatkan dari hasil pemeriksaan ini sudah sesuai dengan standar Peraturan Menteri Kesehatan. Indikator ini menegaskan bahwa air yang masuk ke pelanggan sudah aman karena air sudah mengandung disinfektan, artinya air itu bebas kuman.

 

Adapun rumah pelanggan yang diambil sebagai sampling itu diantaranya :

  • rumah dengan nomor instalasi  001131 atas nama Supratman di Jalan Raya dengan hasil pemeriksaan menunjukkan sisa klor 0,1 ml/L,
  • Lalu rumah pelanggan nomor instalasi 001397 atas nama Aman Nasution di Jalan Mesjid, dengan hasil uji sisa klor sebesar 0,1 ml/L,
  • dan pelanggan atas nama Zuriah yang beralamat di Jalan Bangau yang hasil uji airnya menunjukkan sisa klor 0,3 ml/L.

 

Dari hasil pemeriksaan staff laboratorium PDAM Tirtauli  terhadap kualitas air langsung ke rumah-rumah warga, semua sisa klor-nya berada pada rentang antara 0,1 ml/L sampai 0,3 ml/L. Artinya air yang di distribusikan layak dikonsumsi. Terkait adanya keluhan masyarakat yang gatal-gatal, tidaklah dapat disimpulkan bahwa itu disebabkan  dari penggunaan air (PDAM Tirtauli) karena harus ada penelitian ke masyarakat tersebut oleh tim medis atau tim ahli dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pematangsiantar,dalam  hal tersebut bukanlah  kapasitas PDAM dalam melaksanakannya.

 

Demikian PDAM Tirtauli kota Pematang Siantar menyampaikan.

Informasi Terkait